Tuesday 9 April 2013

teh merah

teh merah atau teh yang biasa kita minum tu pun rupa-rupanya mempunyai banyak khasiat. lagi la murah. 2ringgit lebih je. So, lepas ni boleh la beli jugak teh ni.Huhuh. semua mkanan dan minuman mempunyai zat dan khasiat masing-masing. Seperti dalam toxicologi, ada ED59, LD50,TD50..ED 50 ni dos yang efektif untuk 50% populasi, TD50 dos yang boleh membwa kesan buruk/ toksik kepada 50 % populasi dan LD 50 ni dos yang membawa 50% kematian dalam populasi. atau dalam bahasa inggeris nya effective dose, toxic dose, lethal dose. walaubagaimanapun, setiap badan manusia menyerap zat secara berbeza-beza.dalam badan kita ada mendapat zat,vitamin, mineral yang secukupnya menjadikan badan kita sihat, buang penyakit, elak penyakit dan menyembuhkan penyakti. Walaubagaimanapun, kalau berlebihan, ianya akan menyebabkan badan kita tidak dapat menjadikan zat-zat itu sebagai benda yang baik lagi. Ianya akan menjadi toksik dalam badan. Kita memangla tak sedar , tapi apa yang kita makan tu akan menjadikan badan kita sakit. ianya memakan masa untuk kita sedari. dan jika berterusan, dos yang berlebihan ini boleh membawa penyakit.

macam ni la lebih kurang graf dia.kalau kita kurang zat tu, kita akan dapat penyakit. jadi kita minum la teh.badan kita akan menjadi lebih sihat,tapi jangan ambik lebih2 tau. Nabi Muhammad SAW pun ada mengajar kita supaya besederhana dalam semua urusan.

Makan Sebelum Lapar, Berhenti Sebelum Kenyang
Kami tidak mengetahui mengenai keabsahan hadits ini, yaitu hadits:
نَحْنُ قَوْمٌ لاَ نَأْكُلُ حَتَّى نَجُوْعَ وَإِذَا أَكَلْنَا لاَ نَشْبَعُ
“Kami adalah kaum yang tidak makan sampai kami lapar dan jika kami makan maka kami tidak (sampai) kenyang.”
Ucapan ini biasa didengar dari sebagian tamu padahal di dalam sanadnya terdapat kelemahan. Mereka (sebagian tamu) biasa mengatakan: Dari Nabi shallallahu alaihi wasallam bahwa beliau bersabda, “Kami adalah kaum yang tidak makan sampai kami lapar dan jika kami makan maka kami tidak (sampai) kenyang.”Maksudnya mereka ini makan secara sederhana.
Makna hadits ini benar akan tetapi ada kelemahan di dalam sanadnya. [Sisi kelemahannya bisa dilihat dalam Zaad Al-Ma'ad dan Al-Bidayah karya Ibnu Katsir]. Amalan seperti ini baik untuk (tubuh) manusia, yaitu jika dia makan karena sudah lapar atau memang butuh untuk makan. Jika dia makan, maka dia tidak berlebihan dalam makan dan tidak sampai kenyang yang berlebih. Adapun jika kenyangnya tidak memudharatkan dirinya maka itu tidak mengapa. Orang-orang di zaman Nabi shallallahu alaihi wasallam dan zaman selainnya, mereka makan dan mereka kenyang. Hanya saja yang dikhawatirkan (mendatangkan mudharat) adalah kekenyangan yang berlebihan. Nabi shallallahu alaihi wasallam pada sebagian kesempatan pernah diundang untuk menghadiri walimah (resepsi pernikahan), beliau juga sering menjamu tamu dan menyuruh mereka makan, lalu merekapun makan sampai mereka kenyang. Kemudian setelah itu barulah beliau dan para sahabat yang tersisa ikut makan. Di zaman beliau shallallahu alaihi wasallam diriwayatkan bahwa Jabir bin Abdillah Al-Anshari pernah mengundang Nabi shallallahu alaihi wasallam -pada hari Al-Ahzab yaitu hari perang Khandaq- untuk menyantap hidangan berupa hewan sembelihan yang kecil yang disantap bersama dengan sedikit gandum. Maka Nabi shallallahu alaihi wasallam memerintahkan untuk memotong roti (gandum) dan daging tersebut, lalu beliau memanggil para sahabat sepuluh-sepuluh orang untuk makan. Maka merekapun makan sampai mereka kenyang kemudian mereka pergi, kemudian datang lagi 10 orang berikutnya, dan demikian seterusnya. Maka Allah memberkahi gandum dan daging tersebut, sehingga semua sahabat yang jumlahnya banyak waktu itu bisa makan seluruhnya, namun tetap saja masih banyak makanan yang tersisa sehingga mereka membaginya kepada tetangga-tetangga mereka.
Pada suatu hari Nabi shallallahu alaihi wasallam juga pernah memberi minum susu kepada ahlu ash-shuffah (para sahabat yang tinggal di masjid, pent.). Abu Hurairah berkata, “Maka aku memberikan minum kepada mereka sampai hilang dahaga mereka. Kemudian Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda, “Minumlah wahai Abu Hurairah,” Abu Hurairah menjawab, “Saya sudah minum.” Kemudian beliau bersabda, “Minum lagi,” maka saya kembali minum. Kemudian beliau bersabda, “Minum lagi,” maka saya minum lagi. Kemudian saya berkata, “Demi yang mengutusmu dengan kebenaran, saya sudah tidak kuat lagi (untuk minum).” Kemudian Nabi shallallahu alaihi wasallam mengambil minuman yang tersisa lalu beliau alaihishshalatu wassalam minum.”Hal ini menunjukkan bolehnya kenyang dalam makan dan minum, hanya saja jangan sampai dalam taraf membahayakan.
[Fatwa Asy-Syaikh Ibnu Baaz ini diterjemah dari: http://www.ibnbaz.org.sa/mat/38]
ok, berikut adalah kelebihan-kelebihan teh merah ini:
Banyak orang mengenal manfaat teh dari segi kesehatan, karena sifat antioksidannya. Namun, banyak orang yang belum mengetahui manfaat mengonsumsi teh merah.
Berikut ini adalah beberapa manfaat dari teh merah :

1. Tinggi Mineral

Teh merah mengandung kalsium, mangaan, dan fluoride tinggi, membantu pertumbuhan tulang dan memperkuat gigi. Menjadikannya sebagai minuman kesehatan terbaik karena tingginya kadar mineral seperti seng, tembaga, magnesium, dan potassium. Selain itu, mengonsumsi teh bisa meningkatkan fungsi ginjal berkaitan dengan kandungan mineral konsentrasi tinggi. Karena rendah tanin dan asam oksalat, teh merah tidak menaikkan pembentukan oksalat yang diketahui pembentuk utama batu ginjal.

2. Memperlambat Penuaan

Antioksidan yang terkandung dalam teh rooibos (biasanya disebut teh merah Afrika Selatan) dapat memperlambat proses penuaan dan meningkatkan kekebalan tubuh manusia.

3. Sebagai Antibody

Teh merah memiliki kandungan polyphenol tinggi, yakni sekelompok fitokimia antioksidan yang memberikan manfaat kesehatan. Minum teh merah bisa bermanfaat sebagai anti kanker, anti-peradangan, dan antivirus pada tubuh.

4. Bebas Kafein

Teh merah bebas dari semua kafein sehingga menjadikannya sebagai minuman yang sangat baik bagi mereka yang memilih minuman tanpa kafein. Teh telah digunakan secara tradisional untuk membantu meringankan insomnia (gangguan tidur) dan mengembalikan pola tidur alami.

5. Bagus untuk Kulit

Kandungan asam hidroksil alfa dan seng dalam teh merah sangat bagus untuk kulit. Anda juga dapat membubuhkan bubuk teh merah langsung ke kulit untuk menghilangkan jerawat, bintil-bintil, kulit yang terbakar sinar matahari, atau masalah kulit lainnya.

6. Batu Ginjal

Bahkan penderita batu ginjal bisa mengonsumsi teh rooibos merah sebanyak yang mereka inginkan karena tidak ada asam oksalik yang terkandung di dalam minuman.

7. Hipertensi (Darah Tinggi)alt

Konon teh rooibos dapat meredakan stres, tegangan saraf, dan kondisi hipertensi.

8. Anti Spasmodik

Teh kaya zat anti-spasmodik yang dapat meredakan kram perut akut dan nyeri perut.

9. Alergi

Di beberapa bagian Afrika Selatan, teh merah digunakan sebagai obat yang efektif untuk menangani alergi seperti eksim, hay fever (alergi yang merujuk pada gejala-gejala hidung musiman yang disebabkan oleh serbuk sari, alergi ini umumnya terjadi di negara empat musim), dan alergi akibat bronchitis (radang tenggorokan).

10. Minuman Menyegarkan

Teh rooibos merah merupakan penawar dahaga sempurna dan sangat ampuh diterapkan pada olahragawan, anak-anak hiperaktif, dan mereka yang sering bepergian. Kebanyakan orang lebih menyukai minum teh rooibos dalam bentuk alami tanpa pemanis. (Secret China/Epochtimes/feb)

No comments:

Post a Comment